Selasa, 16 Desember 2014

RONGGA MULUT DAN BAGIANNYA

Rongga mulut ini merupakan bagian awal dari sistem pencernaan pada manusia. Di dalam rongga mulut ini terdapat gigi, lidah, dan air ludah (air liur).

Mari kita bahas satu persatu bagian-bagian dari rongga mulut ini.
1. Gigi
Sesuai dengan fungsinya, terdapat tiga macam jenis gigi, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
a. Gigi seri, berfungsi untuk memotong makanan. Bentuk dari gigi seri ini permukannya menyerupai mata kapak.
b. Gigi taring, berfungsi untuk merobek atau mengoyak-ngoyak makanan. Bentuk dari gigi taring ini permukannya runcing.
c. Gigi geraham, berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan. Bentuk dari gigi geraham ini lebar dan bergelombang

Gambar Struktur Gigi


Makanan yang sudah berada didalam mulut ini dikunyah supaya lembut dan halus. Kurang lebih sekitar 20-30 kali kunyahan makanan akan menjadi halus, tergantung juga dengan jenis makanannya. Makanan yang berserat dan liat akan lebih lama proses pengunyahannya, sedangkan makanan yang lunak dan tidak berserat akan lebih cepat dikunyah.

2. Lidah
Lidah terletak dibagian dasar rongga mulut. Lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan pada saat mengunyah, membantu menelan makanan, dan mengecap rasa pada makanan. Selain itu, lidah juga berfungsi sebagai pengecap rasa. Ada 4 macam rasa yang dapat dideteksi oleh lidah ini, yaitu rasa manis, asam, asin, dan pahit. Lidah juga peka terhadap panas, dingin, dan tekanan.

Gambar struktur lidah

Lidah bagian depan untuk mengecap rasa manis, bagian samping untuk mengecap rasa asam, bagian tengah atau atasnya pengecap rasa manis adalah untuk mengecap rasa asam, sedangkan bagian belakang untuk mengecap rasa pahit.

3. Kelenjar ludah
Kelenjar ludah ini terdapat di bagian bawah lidah dan di daerah pangkal rahang bawah. Kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim amilase atau enzim ptialin yang berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula sederhana. Itulah mengapa jika kita mengunyah nasi secara terus menerus, maka lama kelamaan nasi tersebut akan terasa manis. Karena didalam nasi tersebut mengandung amilum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar